GADGET REVIEW

SAMSUNG GALAXY S3Image

Dari beberapa smartphone quad-core yang ada, sementara ini di Indonesia hanya ada tiga buah saja. Yang merupakan besutan produsen yang sudah taka sing ditelinga kita. Mereka adalah HTC dengan produk bernama One X, LG dengan Optimus 4X, dan Samsung yang diwakili oleh Galaxy S III. Bagi mereka yang sudah percaya dengan salah satu merek, tentu tidak dipusingkan lagi ketika hendak menentukan pilihan. Namun, jika Anda adalah orang yang netral, ada baiknya jika memperhatikan beberapa faktor yang penting yang menjadi keunggulan dan kelemahan masing-masing smartphone.
Faktor yang perlu di perhatikan
Ada enam faktor yang menjadi penilaian dalam menguji ketiga smartphone ini. Tanpa mengesampingkan faktor lainnya, keenam faktor tersebut adalah yang di anggap penting dan menarik untuk dibahas serta di uji.
Pertama adalah desain dan material. Ketika seseorang hendak membeli sebuah smartphone, sisi desain adalah salah satu faktor yang paling mudah dilihat. Meskipun penilaian sisi desain cenderung bersifat subyektif. Namun. Coba kita lihat dari berbagai sudut pandang yang umum dengan meminta pendapat beberapa orang sekaligus untuk mendapatkan hasil yang obyektif.
Kedua adalah User Interface (UI). Meskipun Android memiliki banyak pilihan UI third-party, namun UI bawaan setiap smartphone memiliki ciri khasnya masing-masing yang dilengkapi oleh feature yang tidak dimiliki oleh UI lainnya.
Faktor ketiga adalah performa. Inilah faktor terpenting untuik membuktikan kemampuan smartphone yang sesungguhnya. Dengan dana diatas lima juta rupiah, tentunya Anda mengharapkan banyak hal yang dapat dilakukan dengan optimal dari smartphone yang Anda beli.
Kamera merupakan faktor keempat yang tak luput dari penilaian. Dimana ketiga smartphone ini memiliki kamera dengan 8MP dengan segudang feature yang sangat menarik. Kualitas kamera sangat penting menunjang kehidupan social Anda dengan berbagi foto melalui berbagai akun jejaring sosial yang Anda miliki.
Faktor kelima yaitu kualitas layar dan audio. Karena menjadi kunci dari fungsi multimedia yang dimiliki oleh setiap smartphone. Dimana beberapa fungsi favorit sering digunakan di smartphone adalah browser dan pemutar musik yang kenyamanannya ditentukan dari audio dan layar yang digunakan,
Yang terakhir adalah video player. Karena video player di setiap smartphone mempunyai feature yang menarik yang tidak dimiliki oleh smartphone atau aplikasi pemutar video Android lainnya.
sumber : http://usi.feb.unair.ac.id/gadget/

HTC RADAR

Image

Persaingan sistemoperasi di area smartphone semakin ramai. Setelah dalam kurun waktu satu tahun, smartphone di Indonesia lebih banyak dikuasai oleh Android, iOS, dan BlackBerry, sistem operasi baru Windows Phone 7,5 (Mango) kini siap bermain di pasar.
Smartphone berbasis Windows Phone 7.5 (Mango) ini dapat memberikan pengalaman baru dalam menggunakan smartphone. Dengan feature khas buatan Microsoft, pengguna dapat melakukan sinkronisasi dengan mudah ke sistem operasi Windows di PC atau notebook.
HTC Radar memiliki ukuran layar 3.8 inci WVGA 480 x 800 pixel. Smartphone ini juga dibekali dengan prosesor Qualcomm 1 GHz. Kemampuan kamera belakangnya berkekuatan 5 MP dengan lensa F2.2 serta LED untuk membantu pencahayaan. Sementara kamera depannya berkemampuan VGA. HTC radar bisa merekam video HD hingga resolusi 720p. Sistem operasi Mango turut mempermudah pengguna dalam menggunkan smartphone ini. Dengan basis tile yang menarik dan interaktif, pengguna HTC Radar dapat mengatur aplikasinya dengan mudah di home screen. Layanan cloud semakin dipermudah dengan memanfaatkan SkyDrive berkapasitas besar. Dengan Windows Phone 7.5 ini, pengguna juga lebih mudah berinteraksi dengan berbagai layanan media sosial, seperti Facebook, Twitter, atau Linkedln.
Sumber: http://www.mojokertocyber.com

 LG OPTIMUS PAD

Image

LG kembali meluncurkan produk terbarunya yaitu LG Optimus Pad. Tablet PC besutan LG ini telah dilengkapi dengan sistem operasi android 3.0(Honeycomb), dukungan prosesor Dual Core NVIDIA Tegra 2x 1GHz, serta dukungan kamera 3D. Tablet yang satu ini memiliki layar 8,9 incisehingga dianggap sebagai ukuran layar yang tepat dan optimal untuk sebuah tablet PC.
LG Optimus Pad memiliki aspek ratio 15:9, dengan resolusi sebesar 1280×768 pixels, ditambah lagi dengan dukungan internal memori sebesar 32 GB, dan port HDMI. Tablet PC yang juga dilengkapi dengan dua kamera 5 megapixel  di bagian belakangnya ini dapat merekam video dengan format 3D dan hasilnya dapat langsung dinikmati oleh penggunanya melalui LG Optimum Pad dengan memanfaatkan feature Bi-color Glasses atau juga menggunakan kabel HDMI yang disambungkan ke TV berteknologi 3D.
ASUS Eee PC X101,ASUS Eee PC X101, netbook yang diklaim ASUS sebagai netbook tertipis dan teringan di dunia telah beredar luas di pasaran. Bagaimana tidak dianggap tipis, karena netbook ini memiliki ketebalan hanya 14.5 mm dan bobot sebesat 920 g. Bila sudah memiliki dimensi yang demikian, tentunya akan memberikan kemudahan kepada penggunanya. Yang pasti lebih mudah untuk disisipkan ke dalam tas atau dibawa dalam segala aktivitas. Selain itu netbook ini memiliki fitur keyboard chiclet yang nyaman untuk dipakai mengetik dan touchpad yang besar serta responsif.

ASUS Eee PC X101

ASUS Eee PC X101 tidak hanya dipergunakan untuk bermain, tapi juga sebagai alat belajar. Dilengkapi dengan OS MeeGo yang didalamnya terdapat aplikasi belajar bahasa Inggris dari British Council yang di desain untuk orang dari negara yang tidak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa ibu agar dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris-nya. Produk ini mengambil bentuk sebagai game interaktif, video dan mp3 yang sudah langsung di install dalam X101. Lebih dari 300 materi yang dikembangkan oleh para pemimpin English Language Training (ELT) dan British Council, dengan aplikasi yang di desain oleh peraih penghargaan Intel, Performance Learning Solutions. Selain itu dengan OS MeeGo, X101 memungkinkan untuk tetap terhubung ke jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter, Google + atau yang lainnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa netbook ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak, remaja, dan juga pelajar.

HUAWEI IDEOS S7 SLIM

Huawei Ideos S7 Slim, tablet  PC yang tergolong unik ini merupakan generasi terbaru dari Huawei. Dikatakan unik karena pada Huawei Ideos S7, penutup baterai pada bagian belakangnya dapat dilepas. Dan didalamnya terdapat baterai berkapasitas 3250 mAH yang ternyata juga bisa dilepas. Baterai tersebut menutupi sebuah slot SIM card yang berada di baliknya. Hal ini menjadikan tablet ini persis seperti ponsel.
Untuk ukuran sebuah tablet, sebenarnya tablet ini tidak dapat dikatakan tipis. Tapi bila dibandingkan dengan produk terdahulu, Ideos S7 ini memang lebih ramping. Huawei Ideos S7 memiliki layar 7 inci dengan warna depan dominan hitam sedang bagian belakang di dominasi warna putih dengan paduan sebuah list yang berwarna perak.

DELL STREAK 7

Tablet Dell terbaru adalah Streak 7, yang dipersenjatai jeroan yang cukup mutakhir. Tengok saja otaknya yang ditenagai prosesor tercepat saat ini, 1GHz NVIDIA Tegra 2 Dual Core processor, Tegra 2 chipset. Ditambah 3D Graphics hardware accelerator dan layar beresolusi tinggi (480 x 800pixel), lengkap sudah senjata yang dimilikinya. Namun, OS Android Froyo yang dimilikinya terbilang sudah telat dan kurang sepadan dengan mesinnya, sehingga tak bisa memunculkan kinerja hardwarenya secara maksimal.
Desain dan Layar
Tampilan Dell Streak 7 tak istimewa, mirip tablet kebanyakan. Layar yang ada dipersenjatai teknologi Gorilla Glass yang menjamin layar kuat dan anti gores, juga fitur umum seperti multi touch, sensor accelerometer, light sensor, compass sensor, dan proximity sensor. Antarmuka Android Dell Stage yang telah diolah sendiri, membuatnya homescreennya tampil berbeda. Sayang, layar sentuhnya baru mendukung 256 ribu warna, tentu tak akan bisa maksimal menampilkan foto-foto yang indah.Bobot Dell Streak 7 ini terbilang agak berat.
Multimedia
Dell Streak 7 dibekali prosesor dual core yang mumpuni dan accelerometer grafis 3D untuk mendapatkan kinerja dan respon yang cepat. Dell Streak 7 mendukung banyak format audio dan video. Ditambah kapasitas simpan memori internalnya sebesar 16GB plus slot microSD hingga 32GB, ribuan lagu-lagu favorit dan film pilihan bisa diisikan. Suara dari musik atau film bisa dinikmati lewat speaker atau jack audio 3.5mm.
Teknologi kameranya cukup meyakinkan, yaitu resolusi 5MP dengan autofokus dan lampu flash LED. Fitur kameranya cukup lengkap, ada Auto focus, Digital zoom, Geo tagging, Night mode, White balance, Effects, clan Scenes. Kamera kedua beresolusi 1,3MP di bagian depan, bisa digunakan untuk melakukan video call secara nyaman berkat layarnya yang lega.
Konektifitas
Untuk internet, Dell Streak 7 sudah mendukung teknologi HSPA+ (HSDPA 21 Mbps) dan HSUPA 5.76 Mbps.Tapi tentu saja, kecepatan yang didapat sangat tergantung operatornya. Dukungan frekuensinya mantap, yaitu GSM dan UMTS Quadband, jadi tak perlu khawatir membawanya ke negara manapun di dunia. GPS internal plus A-GPS membuatnya bisa memandu perjalanan.Tentu ada WiFi dan bluetooth di sini, sebagai fitur standar tablet. Sayangnya, tak ada port HDMI atau TV Out untuk menghubungkannya ke layar TV.

AHA TOUCH

Bagi anda yang ingin merasakan kecanggihan HP dengan system operasi Android 2.2 Froyo, atau anda yang ingin merasakan kecanggihan Samsung Galaxy Tab namun saat ini belum mampu untuk membelinya maka anda bisa mempertimbangkan HP mungil AHA TOUCH yang dikeluarkan oleh Bakrie Telecomunication ini.
AHA TOUCH sebenarnya adalah HP keluaran Produsen Telekomunikasi Raksasa asal China Huawei dengan nama Huawei U8150 IDEOS, yang dirilis pada medio September 2010. HP ini dibuat dengan Material yang cukup baik dengan berbagai macam fungsi kelas satu yang berjalan dengan baik dibawah kinerja Prosessor 528 MHz ARM 11, dilengkapi dengan koneksi 3G HSDPA sampai dengan 7,2 Mbps, Wifi 802.11 b/g/n, dan Bluetooth yang sudah support A2DP.
Tak cukup dengan berbagai fungsi diatas HP mungil ini juga dilengkapi dengan fungsi Multimedia yang baik serta fungsi GPS sehingga dengan aplikasi yang tepat anda dijamin tidak kesasar lagi. Team Scalamedia pun sangat tertarik dengan kualitas Audionya yang bisa dikatakan hampir setara dengan Ipod Touch, dimana dengan kapasitas external memory card yang mencapai sampai dengan 32 GB, anda bisa menyimpan, Musik, Video dan Gambar yang lebih dari cukup.
Untuk Koneksi Internet yang dilakukan Tem Review Scalamedia di daerah Galaxy Bekasi serta didaerah Cempaka Putih Barat cukup baik, bahkan lebih cepat dari Speedy, dan jangan lupa HP ini bisa berfungsi sebagai Router Wifi untuk sharing koneksi internet bagi perangkat lainnya sampai dengan 5 peralatan.
Kelemahan dari HP ini yang dirasakan oleh Team Review Scalamedia.net adalah layar yang berukuran 2,8 inc yang dirasa kurang leluasa terutama untuk menulis note atau mengetikkan sms, namun untuk mereview dan membaca masih bisa dilakukan untuk anda yang masih mempunyai mata yang normal, selain itu daya tahan Batrey bila dilakukan online terus menerus maka Baterei hanya bertahan lebih kurang 5 jam.
 Boleh dikata HP ini mempunya kemampuan hampir setara Samsung Galaxy Tab namun berukuran kecil.

FITUR IPAD

Bagaimanapun hebatnya Microsoft namun Apple selalu bisa membuat Fenomena, masih ingat dengan Notebook super tipisnya ?, lalu Iphone yang sangat fenomenal, nah saat ini dunia sedang demam IPAD sebuah perangkat genggam yang merupakan penggabungan antara fungsi fungsi Internet Tablet, Ebook reader, Game konsol, Multimedia, dll menarik bukan ?.
Kehadiran iPad makin meningkatkan citra Apple sebagai perusahaan pembawa trendsetter produk teknologi dan informasi. Gadget ini merupakan komputer tablet dengan layar sentuh berukuran 9,7 inci.

SONY ERICSSON X10

Akhirnya Sonny Ericsson kembali memproduksi HP berbasis Android, tidak tanggung tanggung mereka membenamkan ANdroid dalam Produk Premium mereka, Xperia, “Inilah seri perdana Android dari Sony Ericsson. Paling tinggi harganya dibanding ponsel Android yang beredar di pasar, juga dibarengi kelengkapan yang mutakhir.”
Demam Android yang mewabah di Tanah Air, dijawab Sony Ericsson dengan menghadirkan serf Xperia X10. Ponsel yang masuk dalam keluarga besar Xperia ini, merupakan seri perdana dari Sony Ericsson yang menggunakan sistem operasi Android. Sekilas melihat ponsel ini, kesan menterengnya begitu kuat. Dengan layar lebar serta sentuhan desain yang apik, membuatnya begitu meyakinkan sebagai sebuah ponsel cerdas generasi terbaru.
Dibanding dengan ponsel-ponsel Android yang sudah lebih dulu hadir di pasaran, X10 paling tinggi harganya. Memang kemudian memunculkan pertanyaan, sebandingkah harganya yang tinggi itu dengan kemampuannya? Dari hasil pengujian rasanya harga yang tinggi itu cukup setimpal dengan fitur fitur yang ada di dalamnya. Kamera misalnya, sudah berbekal kamera kualitas hingga 8 megapixels. Fitur pendukung kameranya juga sangat komplet. Selain ada touch focus, image stabilization. geo-tagging. face dan smile detection, kameranya juga mampu mengenali 5 wajah yang sering di foto. Ponsel berlayar 4 inci ini pun mampu berjalan di frekuensi HSDPA yang sudah tentu koneksi kecepatan datanya tak diragukan lagi dan cukup cepat. Kalau pun tak ada jaringan. X10 bisa memaksimalkan keberadaan Wi Fi-nya.
LAYAR
Kalau melihat spesifikasi dari vendornya, kedalaman warna ponsel ini hanya mencapai 65 ribu warna. Tidak terlalu baik dan kurang sepadan dengan kelas ponsel ini yang di level etas. Namun meski begitu, tampilan layarnya cukup tajam dan tidak masalah. Menampilkan gambar dan memutar video hasilnya cukup baik dan tidak ada sisi negatifnya. Fungsi  layar sentuhnya pun berjalan cukup baik dan sempurna. Layar sentuhnya tidak terlalu sensitif namun tidak juga lamban alias lemot. Sensitifitas layar sentuh  X10 ini bolehlah disejajarkan dengan serial iPhone.
 TOMBOL
Meski mengandalkan layar sentuh untuk pengoperasiannya, X10 tetap memiliki tombol pengoperasian. Ada 3 tombol yang ada di bagian bawah layar. Tombol pertama berfungsi sebagai menu pilihan. Tombol kedua atau yang ada di tengah-tengah fungsinya untuk langsung menutup aplikasi dan masuk ke tampilan layar utama. Sedangkan tombol terakhir dengan lambang panah ke kiri, fungsinya sebagai tombol backspace seperti halnya tombol sejenis di keyboard PC atau notebook.
 DESAIN
Tampilan desainnya sangat eksklusif. Berukuran 119 x 63 x 13 mm tergolong sedang untuk sebuah ponsel cerdas. Di bagian atasnya terdapat tombol on/off, slot headset, dan juga port kabel USB. Di bagian kanan terdapat tombol pengatur volume dan juga sekaligus sebagai tombol zoom saat berinternet.
Bobotnya mencapai 135 gram, dan mayoritas beratnya itu didominasi oleh body ponselnya, bukan bobot baterai. Sebab baterai X10 sudah menggunakan jenis Polymer yang memang berbobot lebih ringan ketimbang lithium ion.
 KONEKTIVITAS
Ketersediaan fitur konektifitas di ponsel ini cukup komplet. Untuk urusan koneksi antar perangkat dan pemindahan data, Anda bisa menggunakan bluetooth atau kabel data. Sementara untuk koneksi internet, ada beberapa pilihan. Melalui jaringan operator, sudah tersedia jalur HSDPA yang dijamin kecepatannya memuaskan asalkan jaringan tercover di lokasi tempat kita melakukan koneksi. Kita juga bisa memaksimalkan jalur Wi Fi untuk koneksi ke dunia maya.
 MEMORI
Kapasitas penyimpanan data internal di ponsel ini mencapai 1 Gb. Lumayan besar untuk sebuah ponsel kelas atas. Pabrikannya juga sudah menyertakan slot memori eksternal hingga 16 Gb. Dalam paket penjualannya sudah tersedia memori micro SD sebesar 8 Gb. Meski kapasitas memori internalnya mencapai 1 Gb, ada baiknya menginstal aplikasi tambahan tetap pada memori eksternal. Hal ini untuk menghindari kinerja ponsel menjadi lemot karena memori internalnya penuh. Bila menghubungkan ponsel ke PC dengan kabel, ponsel akan langsung terdeteksi dan memori eksternalnya bisa berfungsi sebagaimana flash disk.
 INTERNET
Menggunakan browser asli dari Google, koneksi internet bisa dilakukan dengan lancar. Fasilitas browsernya memiliki fitur-fitur penunjang seperti halnya browser di PC. Selain perbesaran tampilan alias zoom, browser X1 0 ini juga dibekali bookmarks, refresh, go, select text, find on page, dan share page. Keluar masuk situs detik, selular online, kompas, berjalan sangat baik dan lancar. Apalagi bila sinyal HSDPA tertangkap oleh ponsel, proses browsing satu halaman situs berjalan hanya dalam hitungan detik.
 KAMERA
Inilah fitur yang membedakan ponsel ini dengan serial ponsel dengan OS Android lainnya. Kamera X10 sudah dibekali kamera berkapasitas 8 megapixels. Sementara fitur pendukung kameranya sangat komplet. Perbesaran gambar dengan fasilitas zoomnya, geo tagging, macro mode, dan lampu penerang tambahan. Perekam videonya juga berkualitas sangat baik. Kualitas rekam videonya bisa mencapai kualitas VGA dengan resolusi 640 x 480 pixels.
 GOOGLE MAPS
Serial Android keluaran Sony Ericsson ini juga sudah memiliki fitur Google Maps yang terintegrasi. Fitur ini akan membantu penggunanya untuk mencari alamat atau sebuah lokasi lewat perburuan peta. Kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti zoom , search, penggunaan untuk pejalan kaki, dan juga untuk pengendara. Tampilannya bisa diatur dengan berbagai tampilan seperti satelit, map, dan trafik.
 GOOGLETALK
Aplikasi ini berguna sebagai aplikasi chatting. Aplikasi ini fungsinya seperti aplikasi yahoo messenger. Kita bisa melakukan komunikasi chatting dengan teman yang memiliki account Google pula. Uniknya bila kita sudah sign dalam email Google alias Gmail, secara otomatis fitur chat sudah aktif. Dalam Gtalk, pengguna juga bisa mengatur berbagai fitur yang disediakan, misalkan saja invite teman atau mengganti status.
 MUSIK
Pemutar musiknya mampu memfasilitasi dan memutar lagu berformat MP3 dan AAC. Ketersediaan slot headset berukuran standar yakni 3,5 mm membuat kita bisa menggunakan berbagai headset keluaran pabrikan manapun lantaran ukuran standar headsetnya. Selain itu teknologi Bluetooth A2DP menjadi penyempurna fasilitas musiknya ini. Dengan perangkat headset bluetooth AMP, musik akan bisa didengar lebih indah dan tak perlu adanya lilitan kabel yang cukup mengganggu bila menggunakan headset kabel. Fitur musiknya juga sudah dilengkapi multitasking. Artinya sambil mendengarkan musik kita bisa mengekplorasi berbagai menu dan fitur lainnya yang ada di ponsel ini.
 KINERJA
Secara umum Xperia X10 ini berjalan baik dan sempuma. Berbagai fitur  yang jadi unggulannya ber jalan dan berfungsi dengan balk. Browsing internet, menjalankan email, dan juga berbagai fitur hi buran kamera dan musik semua berjalan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti .
Tenaga  baterai berkekuatan 1500 mAh dengan teknologi baterai lithium polymer, baterainya di- harapkan bisa bertahan 415 jam untuk siaga dan waktu bicara non stop 10 jam, ponsel digunakan dalam penggunaan standar selama 2 hari.
 sumber : http://www.scalamedia.net/

About dmarketid

Dmarket adalah sebuah online market place di mana Anda dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan seperti layaknya berbelanja di mall. Experience it only on https://www.dmarket.co.id/ :)
This entry was posted in Article and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to GADGET REVIEW

  1. I simply wanted to appreciate you yet again. I am not sure the things that I would have made to happen without the type of information documented by you regarding such theme. This has been a daunting crisis for me personally, nevertheless being able to see the very well-written way you dealt with the issue made me to weep for happiness. Extremely happy for the guidance as well as sincerely hope you realize what a powerful job you are accomplishing teaching most people through your webpage. I’m certain you have never encountered any of us.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s