TIPS BAGI IBU HAMIL

Tips Memilih Pakaian Hamil 
Kehamilan bukan berarti Anda harus menjadi wanita asing yang tidak paham mode, karena dalam keadaan hamil pun Anda masih tetap dapat eksis untuk mengikuti trend fashion. Sekarang ini banyak ditemui toko yang menjual pakaian khusus ibu hamil, jadi jangan khawatir mengenai stok pakaian bagi ibu hamil. Namun perlu diingat, membelanjakan uangnya untuk membeli pakaian hamil harus terus dikontrol karena kebutuhan yang ditunggu bukan hanya ketika hamil saja melainkan Anda juga membutuhkan uang tersebut saat paska melahirkan dan masa depan anak Anda. Oleh karena itu, berikut tips bagi ibu hamil yang ingin tampil gaya dengan pengeluaran secukupnya :
1. Periksalah isi lemari pakaian Anda, siapa tahu akan menemukan baju-baju yang bisa dipakai dimasa kehamilan ini. Tidak ada salahnya juga jika Anda ingin membeli baju baru untuk masa kehamilan ini, tetapi harus selalu ingat, kehamilan ini hanya sementara sehingga jangan menghabiskan budget yang besar untuk membeli baju hamil.
Bila perlu bongkarlah isi lemari suami Anda, siapa tahu Anda menemukan kemeja atau t-shirt suami yang ukurannya besar.
2. Jangan terlalu terhanyut akan trend busana yang sedang in. Gunakanlah pakaian yang benar-benar membuat Anda nyaman, bahkan jika tidak mengenakan pakaian hamil.
3. Pakailah aksesoris berupa gelang, kalung, anting, craft yang motifnya menarik.
4. Bra sangatlah penting. Dimasa kehamilan, payudara akan terus bertambah ukurannya. Pilihlah bra dengan penyangga yang baik dan usahakan jangan membeli terlalu banyak, karena ukuran payudara akan terus membesar selama kehamilan dan Anda harus mengganti bra Anda lagi.
5. Pada masa kehamilan suhu tubuh akan lebih tinggi dari biasanya, oleh karena itu pilihlah bahan pakaian yang akan memberikan kesan dingin di kulit. Bahan katun yang tipis, dan longgar akan membantu Anda merasa sejuk. Jika udara dingin, pakailah baju berbahan tipis namun berlapis sehingga Anda bisa membukanya satu persatu jika merasa gerah.
6. Hindari stoking berkaret keras dibagian pangkal. Dan pakailah stoking yang setinggi lutut, jangan yang berukuran sampai pinggang.
7. Gunakan warna gelap dalam fashion Anda. Biasa menggunakan warna gelap pada bawahan busana Anda, seperti jins atau rok hitam. Untuk atasan, Anda tetap bisa tampil dengan warna apa saja. Sebuah kardigan atau blazer hitam juga dapat membantu membentuk kesan langsing pada bagian atas tubuh. Selain itu, Anda pun bisa mengenakan busana berwarna gelap yang seragam, mulai kepala sampai ujung kaki. Tidak harus hitam, warna-warna seperti seperti biru tua, coklat, atau hijau lumut juga bisa memberi efek langsing.
8. Teliti dalam memilih motif. Hindari penggunaan bawahan dengan gambar atau motif besar. Motif besar hanya akan menimbulkan kesan kaki dan pinggul wanita hamil semakin besar.
9. Hindari potongan leher berbentuk V. Pola leher V akan membantu mengoreksi bentuk wajah Anda yang bertambah chubby seiring pertambahan berat badan. Penggunaan kalung panjang juga dapat membantu.
10. Hindari pakaian dengan pola leher tinggi utamanya jika Anda memiliki dada yang besar, karena ini akan membuat Anda terlihat lebih besar.
Tips Memilih Sepatu Ibu Hamil
Nah, setelah mencari pakaian untuk ibu hamil, kini saatnya mencari sepatu yang pas untuk si ibu hamil. Pada masa kehamilan tentunya kita harus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Perlu diingat, ibu hamil memiliki tingkat kelelahan yang lebih rentan dibandingan wanita yang sedang tidak hamil. Jadi, agar tidak mudah lelah atau bahkan kesakitan saat mengenakan sepatu, pilihlah alas kaki yang membuat Anda nyaman. Dan jangan lupa, dengan pemilihan sepatu yang pas akan tetap membaut anda, si ibu hamil tampah trendy. Berikut tips memilih sepatu bagi ibu hamil :
–      Pilih sepatu yang terbuat dari bahan alami. Kulit atau kanvas memungkinkan kaki untuk tetap ’bernapas’.
–      Jangan abaikan sol. Pilihlah sepatu atau sandal dengan sol dari karet (agar tidak licin), sehingga mengurangi resiko  terpeleset.
–      Cari ukuran yang pas. Ini berarti tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Juga beri ruang pada jari-jari kaki, agar bisa bergerak dengan leluasa.
–      Hindari high heels. Memang menyebalkan… Tapi membesarnya kandungan akan membuat tubuh cenderung condong ke depan. Tidak heran kalau wanna-be-moms jadi gampang kehilangan keseimbangan tubuh. Untuk sementara high heels disimpan dulu, dan kalau ingin memakai sepatu atau sandal yang berhak, sebaiknya tinggi maksimal 2-3 cm.
–      Pilih sepatu pada waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk membeli sepatu adalah malam hari karena kaki Anda sudah lelah dan membengkak sampai ukuran yang maksimal, sehingga meminimalisir kemungkinan membeli terlalu kecil.
–      Pilihlah flat shoes simpel atau sandal yang memiliki desain yang cantik, wedges juga merupakan opsi atribut pendukung baju hamil modis lainnya bagi Anda yang tak bisa lepas dari sepatu hak tinggi.
Tips Memilih Makanan Saat Hamil
American Pregnancy Association (APA) menyebutkan sembilan makanan yang tak boleh dikonsumsi saat hamil:
– Daging atau ikan mentah
Hobby makan sushi tampaknya harus ditunda dulu. Sebab daging atau ikan yang dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu sangat beresiko mengandung bakteri berbahaya seperti toxoplasma dan salmonella yang mungkin akan membahayakan janin Anda.
– Ikan Bermerkuri
Memang tidak mudah membedakan ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi. Namun, Anda sebaiknya menghindari makanan-makanan kalengan atau tidak terlalu sering mengonsumsinya.
– Telur mentah atau setengah matang
Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi telur mentah ataupun setengah matang. Bakteri Salmonella pada umumnya tinggal disana dan sangat berbahaya bagi kandungan.
– Aneka saus berbahan dasar telur mentah
Karena telur mentah atau setengah matang menjadi pantangan, maka salad dressing, mayonaise, ice cream homemade, custard, ataupun cream kue sebaiknya dihindari. Coret semua menu makanan yang mengandung telur mentah dari daftar menu makan Anda.
– Soft Cheese
Keju-keju impor juga sebaiknya dihindari karena ditengarai bahwa keju impor mengandung bakteri yang disebut Listeria. Bakteri ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan pendarahan, hingga keguguran.
– Susu non-pasteurisasi
Sama halnya dengan soft cheese, susu non-pasteurisasi juga ditengarai membawa bakteri Listeria.
– Kafein
Beberapa studi mungkin memperbolehkan wanita hamil mengonsumsi kafein. Namun, menurut studi yang ditemukan APA mengatakan bahwa kafein sangat berpengaruh terhadap keguguran, terutama pada usia kehamilan trisemester. Kafein merupakan zat yang memicu untuk berkemih. Sehingga tubuh menjadi lemah, mudah dehidrasi, dan kekurangan kalsium. Saat ini, dunia medis membatasi pengonsumsian kafein tidak lebih dari 300mg per hari untuk mencegah keguguran tersebut.
– Alkohol
Minuman ini sudah lama masuk dalam daftar TIDAK BOLEH DIKONSUMSI bagi wanita hamil. Seperti diketahui, alkohol sangat berbahaya bagi siapapun yang tidak hamil. Ancaman alkohol selain berbahaya bagi ginjal dan jantung, juga berbahaya bagi seluruh bagian tubuh lainnya. Alkohol bisa dikatakan sebagai racun, yang akan mengacaukan sistem syaraf jika dikonsumsi secara terus menerus. Pada ibu hamil dan menyusui, alkohol dapat menyebabkan gangguan mental pada bayi, dan gangguan kehamilan lainnya.
– Sayuran mentah
Tak hanya ikan dan daging, sayuran mentah juga sebaiknya dihindari. Selain ancaman toxoplasma, pestisida yang dibawa oleh sayuran akan mengganggu perkembangan bayi di dalam kandungan. Sehingga pastikan semua sayuran yang Anda konsumsi dalam keadaan matang.
Tips Pasca Melahirkan
Setelah Sembilan bulan mengandung dan melahirkan kebanyakan ibu akan mendapati perbedaan berat badan yang cukup besar. Namun jangan khawatir, Anda masih tetap dapat tampil cantik pasca melahirkan. Apalagi saat ini sudah banyak treatment yang bisa diambil untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti sedia kala sebelum mengandung. Berikut beberapa tips yang dapat diperhatikan pasca melahirkan :
1.     Hindari membandingkan bentuk tubuh Anda sebelum pasca melahirkan
Membandingkan bentuk tubuh Anda sebelum melahirkan memang menjadi motivasi untuk kembali langsing. Tetapi sebaiknya hindari langkah tersebut agar ibu tidak stres dan berdampak buruk pada asupan nutrisi. Anggaplah tubuh yang dimiliki sekarang adalah tubuh terindah yang Anda miliki.
2.     Diri Anda dan orang lain berbeda
Penampilan glamour para selebriti dapat membuat wanita terintimidasi. Apalagi dengan adegan iklan yang menampilkan bagaimana bentuk tubuh ‘ideal’ seorang wanita. Hindari sikap membandingkan diri Anda dengan orang lain ataupun selebriti karena hanya akan menurunkan rasa percaya diri. Jadilah diri sendiri dan banggalah pada hal itu.
3.     Tonjolkan sisi menarik Anda
Mulai sekarang cobalah pelajari penampilan seperti apa yang membuat Anda terlihat menarik. Busana dan aksesori apa yang sebaiknya digunakan. Mintalah bantuan kepada sahabat Anda yang ahli menata gaya.
4.     Berpikir positif terhadap perubahan bentuk tubuh
Kepercayaan diri muncul selama Anda merasa positif pada apa yang Anda miliki. Cobalah untuk ikhlas pada perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Ada masanya nanti Anda dapat mulai proses menurunkan berat badan. Tapi proses ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang bertahap.
5.     Kesehatan adalah yang terpenting
Stop memikirkan bagaimana cara untuk kembali langsing karena masih banyak yang harus Anda lakukan. Salah satunya menjaga kesehatan diri. Sebagai ibu baru, akan menghadapi banyak perubahan yang perlu kesiapan mulai dari waktu tidur, makan, dan bersantai. Kebutuhan energi pun sangat diperlukan dalam mengurus bayi. Oleh karena itu usahakan Anda mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, berolahraga ringan, dan tetap menjaga kecantikan tubuh.
 Jadi, menjadi Ibu Hamil itu adalah anugrah yang patut disyukuri dan dihargai. Karena cantik itu tidak terbatas pada siapa dan dimana. Semuanya orang berhak tampil cantik dan menghargai dirinya sendiri. Semoga tips diatas bermanfaat ^_^
sumber : http://www.melindahospital.com; http://gosipboo.blogspot.com; dan admin

About dmarketid

Dmarket adalah sebuah online market place di mana Anda dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan seperti layaknya berbelanja di mall. Experience it only on https://www.dmarket.co.id/ :)
This entry was posted in Tips and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s