Salju….

Pernahkah melihat salju? Mungkin bagi orang yang tinggal di daerah yang beriklim sub tropis atau dingin sudah tidak asing lagi dengan salju. Namun, bagi orang yang tinggal di daerah beriklim tropis, hampir tidak mungkin bisa melihat salju secara langsung. Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin belum pernah melihat bentuk salju secara langsung. Mereka umumnya hanya melihat melalui media televisi, koran, majalah, atau media lain. Kecuali di puncak gunung Jaya Wijaya di Papua, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 5030 m, sehingga memungkinkan terjadinya salju. Berikut ini penjelasan singkat tentang salju.
Menurut artikel yang ditulis oleh Prof. Yohanes Surya, yang dimuat dalamhttp://www.mediaindonesia.com, “salju adalah butiran es atau air yang membeku. Butiran es itu terbentuk dari uap yang ada di udara. Jika udara berada dalam suhu yang sangat dingin, maka uap di udara akan berubah ke bentuk salju.”
Berdasarkan artikel dari Pustekkom, yang dimuat dalam http://118.98.214.163/dapat dinyatakan pula bahwa salju merupakan air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat (seperti hujan). Salju adalah sebuah bentuk air es terkristalisasi yang terbentuk dari berbagai kepingan. Kepingan tersebut disebut sebagai kepingan salju. Kepingan salju (snowflake) terbentuk dari 2-200 pecahan kristal salju. Kristal salju ini akan terbentuk ketika es menempel pada serbuk pasir atau tanah yang bertebaran di dalam udara. Kristal-kristal ini kemudian akan bergabung dan membentuk kepingan salju. Bentuk kepingan salju itu ada bermacam-macam jenisnya, tergantung dari suhu udara di sekitarnya saat terbentuk.
Adapun beberapa fakta tentang salju yang pernah terjadi di bumi adalah :
– Butiran es paling besar yang pernah jatuh ke bumi adalah sebesar 6 meter, terjadi di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus 1849.
– Badai salju terhebat yang terjadi pada tanggal 14 April 1986 yang menewaskan 92 orang di Bangladesh
– 12 % atau sekitar 21 juta km persegi permukaan bumi tertutup oleh Es dan salju.
– Bentuk dari kepingan salju selalu berbeda dengan kepingan salju yang lain.
– Sebuah badai salju dapat menyebabkan lebih dari 40 juta ton salju. Dengan kekuatan setara dengan 120 bom atom.

 

sumber : http://www.mediaindonesia.com,  http://118.98.214.163/

About dmarketid

Dmarket adalah sebuah online market place di mana Anda dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan seperti layaknya berbelanja di mall. Experience it only on https://www.dmarket.co.id/ :)
This entry was posted in Article and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s